Analisa Perhitungan Kebutuhan Pakan Ikan

Analisa Perhitungan Kebutuhan Pakan Ikan

Analisa Perhitungan Kebutuhan Pakan Ikan

Analisa Perhitungan Kebutuhan Pakan IkanAnalisa perhitungan kebutuhan pakan ikan di butuhkan dalam dengan tepat.

Melalui perhitungan pakan ikan yang tepat ini akan mendukung pertumbuhan yang maksimal, sehingga keberhasilan dalam budidaya ikan dapat di capai. Karena kekurangan atau kelebihan dalam pemberian pakan ikan dapat berpengaruh pada tingkat pertumbuhan ternak ikan serta kerugian secara materi.

Analisa Perhitungan Kebutuhan Pakan Ikan Versi NASA

Dalam pemberian pakan ikan secara teknis per harinya adalah sekitar 3% dari jumlah bobot ikan (biomas) yang terdapat pada suatu kolam. Misalnya adalah dalam suatu kolam ditebar sebanyak 10.000 benih ikan dengan bobot rata – ratanya adalah 100 gram dengan asumsi tingkat daya hidup ternak ikan sekitar 80%, maka kebutuhan pakan yang di butuhkan per hari nya adalah sebagai berikut :

ANALISA PERHITUNGAN KEBUTUHAN PAKAN IKAN
JUMLAH IKAN80% x 10.0008.000 EKOR
BOBOT IKAN DI KOLAM (BIOMAS)8.000 x 0.1800 KG
JUMLAH PAKAN3% x 80024 KG PER HARI

 

Kejadian yang terdapat di lapangan adalah pemberian pakan di sesuaikan dengan tingkat kemampuan makan ternak ikan pada saat itu. Seharusnya dilakukan juga pakan ikan yang tenggelam dengan menggunakan anco (sejenis ayakan). Langkah teknisnya adalah dengan menaruh pakan sekitar 10% dengan di tebarkan pada anco tersebut, kemudian dalam beberapa waktu anco diangkat. Apabila pakan dalam anco habis makan kebutuhan pakan yang ditebarkan adalah disesuaikan dengan kemampuan makan ikan, tapi jika masih terdapat sisa pakan pada anco maka kebutuhan pakan yang ditebar harus di kurangi. Untuk jenis pakan yang terapung akan lebih mudah untuk di lakukan pengamatan, yakni cukup memperhatikan respon ikan pada saat pemberian pakan.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan dengan baik gunakan perpaudan lengkap produk NASA untuk ternak ikan, yaitu VITERNA PLUS, POC NASA dan HORMONIK untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan yang tidak terdapat pada pakan. Dan gunakan pupuk TON (Tambak Organik nusantara) untuk memperbaiki kualitas air dan menumbuhkan plankton atau organisme lain sebagai pakan alami ikan.

Semoga analisa perhitungan kebutuhan pakan ikan versi NASA ini dapat membantu peternak ikan untuk membuat anggaran kebutuhan pakan selama berlangsung dari awal hingga pemanenan, sehingga tidak ada pakan yang terbuang percuma dan dapat memberikan keuntungan dalam budidaya ikan secara maksimal.

Incoming search terms: