Budidaya Ikan Mas

budidaya ikan mas

Budidaya Ikan MasBudidaya ikan mas organik NASA telah memberikan bukti yang sangat nyata dengan hasilnya yang fantastis.

Kesaksian dari pengusaha dari daerah Tanggamus Lampung, Bapak Sukanto memiliki lahan kolam ikan seluas 2500 m2 (seperempat hektar) dengan populasi jumlah ikan sebanyak 6000 ekor. Beliau membudidayakan ikan mas lokal dengan hasil yang luar biasa.

Cara Budidaya Ikan Mas Organik NASA

Dalam usaha budidaya ikan mas, bibit ikan mas yang digunakan sudah berumur 2 bulan dan waktu lama pembesarannya adalah 40 hari. Selama pembesaran ikan mas ini, produk NASA yang digunakan adalah 1 botol pupuk TON (Tambak Organik Nusantara) dan VITERNA Plus. Untuk langakah – langkah dalam budidaya ikan mas yang dilakukan oleh Bapak Sukanto diantarnya adalah, melakukan pengolahan lahan, pemaritan lahan, pemupukan lahan, pemasukan air pada lahan kemudian penebaran benih ikan mas. Berikut penjelasan lengkap mengenai langkah – langkah dan cara budidaya ikan mas :

  • Pengolahan Lahan Kolam Dengan Pupuk TON
    Lakukan pengolahan pada lahan kolam, kemudian setelah selesai diamkan tanah untuk dikeringkan. Setelah tanah pada kolam mengering berikan perlakuan TON (Tambak Organik Nusantara) dengan cara disemprotkan pada seluruh area lahan kolam hingga merata. Dosis penggunaan pupuk TON NASA adalah 1 botol TON (Tambak Organik Nusantara) (250 gram) untuk area seluas 2500 m2 (seperempat hektar). Manfaat dari penggunaan pupuk TON NASA ini adalah sebagai penumbuh plankton sebagai pakan alami yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.
  • Pemberian Nutrisi Pada Pakan Dengan VITERNA Plus
    VITERNA Plus Vitamin Ternak Organik bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada pakan yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas. Penggunaan VITERNA Plus ini mampu meningkatkan nafsu makan pada ikan, mencegah ikan stress serta menekan jumlah angka kematian pada ikan karena ikan tumbuh dengan sehat. Cara penggunaannya sangat mudah, gunakan sebanyak 10 cc VITERNA Plus bersama 2 liter air campur hingga merata, kemudian semprotkan larutan tersebut ke pakan sebanyak 5 – 8 kg. Diamkan dahulu pakan sebelum ditebar ke kolam dengan diangin-anginkan agar VITERNA Plus merasuk ke pakan dengan sempurna. Berikan pakan sehari 2 kali pada pagi dan sore hari.

Hasil Maksimal

Pada budidaya ikan mas sebelumnya beliau tidak menggunakan produk NASA, untuk penggunaan pakannya adalah pakan buatan pabrik dan pakan alami dari kolam tersebut. Ternyata terjadi perbedaan yang sangat mencolok mengenai setelah beliau menggunakan produk NASA untuk ikan mas beliau, terutama pada kualitas hasil penen dan angka kematian selama 40 hari budidaya ikan mas tersebut.

Sebelum menggunakan produk NASA angka kematian yang terjadi pada kolam budidaya ikan mas beliau mencapai 0,5 % lebih. Namun setelah beliau menggunakan produk NASA yakni pupuk TON dan VITERNA Plus ini, angka kematian menurung hingga hanya mencapai 0,25 % atau sekitar 25 ekor ikan yang mati dari sebanyak 6000 ikan mas yang dibudidayakan.

Kemudian dari segi kuantitas manfaat dari penggunaan ini, terjadi peningkatan jumlah panen yang tentunya sangat menguntungkan. Sebelum menggunakan produk NASA, beliau hanya sanggup memanen ikan mas sekitar 8,5 kwintal ikan mas. Namun setelah menggunakan produk dari PT Natural Nusantara beliau sanggup memanen ikan mas sebanyak 1 ton ikan dengan bobot ikan sebanyak 3 – 5 ekor per kg.

Berikut gambaran hasil panen ikan mas beliau sebelum dan setelah menggunakan Produk NASA :

SEBELUM MENGGUNAKAN PRODUK NASA
BOBOT PANEN (KG)HARGA (PER KG)NILAI PANEN
850Rp 10.500Rp 8.925.000
SETELAH MENGGUNAKAN PRODUK NASA
BOBOT PANEN (KG)HARGA (PER KG)NILAI PANEN
1000Rp 10.500Rp 10.500.000

 

Jadi terdapat selisih keuntungan dengan hasil panen sebelumnya sebanyak Rp 1.575.000 dalam beternak ikan mas dengan luas lahan 2500 m2 (seperempat hektar) dengan populasi benih sebanyak 6000 ekor, selama masa pembesaran ikan mas selama 40 hari dengan penggunaan produk NASA senilai Rp 250.000 untuk keperluan pembelian VITERNA Plus Dan pupuk TON (Tambak Organik Nusantara).

Dengan budidaya ikan mas secara organik tidak hanya memberikan manfaat pada kualitas dan kuantitas produksi ikan saja, tetapi juga mamapu meningkatkan nilai gizi ikan dan kualitas lahan kolam tetap terjaga (lestari) karena terbebas dari bahan berbahaya.

Bapak Sukanto juga berpesan untuk peternak lain untuk menggunakan produk Nasa dalam berbudiaya ikan mas, karena beliau telah merasakan sendiri manfaat penggunaan produk Nasa pada usaha ternak ikan mas miliknya. Semoga pengalaman belaiu dalam budidaya ikan mas ini dapat bermanfaat bagi para peternak ikan untuk meningkatkan produktivitas budidaya ikan mas.

Incoming search terms: