Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Cepat Besar



Budidaya ikan saat ini sedang marak dijalankan. Ada banyak orang yang memilih budidaya ikan sebagai mata pencaharian. Selain modalnya tidak memakan banyak biaya, budidaya ikan juga tidak terlalu sulit bagi yang mengetahui caranya. Salah satu jenis ikan yang banyak diminati adalah ikan bandeng. Budidaya ikan bandeng sendiri bukan hal yang mudah, dibutuhkan tips tersendiri untuk bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan. Berikut adalah yang bisa Anda jadikan acuan saat memelihara ikan.

Ada solusi mudah dan murah yang bisa dijadikan acuan ketika Anda membudidayakan ikan bandeng. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan di berbagai tempat. Keberhasilannya pun juga sudah tidak diragukan lagi. diantaranya adalah dengan melakukan pemupukan menggunakan pupuk organic. Dengan menggunakan kompos atau pupuk kandang dan pupuk cair dengan cara disemprot. Kemudian pemupukan selanjutnya dilakukan sekitar 2 minggu hingga waktu panen tiba. Setelah pemupukan berhasil Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah dengan mengisi tambak dengan air secara bertahap hingga tiga kali pengisian dan kemudian diamkan selama 2 minggu.

Usahakan ketinggian air kolam berada di bawah tanggul tanah dengan panjang sekitar 10 cm. kemudian pintu air ditutup dan air kolam dibiarkan sekitar 1 minggu. Dalam kondisi yang demikian, pupuk yang berada di dasar tambak berada dalam kondisi yang baik untuk pertumbuhan makanan yang alami. Berikutnya, untuk menambahkan makanan alami yaitu dengan cara menambahkan air yang terbuat dari biji teh. Cara ini selain dapat memberantas hama yang terdapat di kolam, juga dapat merangsang pertumbuhan fitoplankton. Setelah makanan alami tersebut tumbuh, benih bandeng siap disebar. Dan setelah 2 minggu taburkan kembali pupuk cair organic guna menumbuhkan bahan makanan yang alami. Cara lainnya adalah dengan memasukkan kompos ke dalam karung plastik dengan cara melubanginya dan memasukkannya ke dalam kolam supaya pakan alami bisa tumbuh di dalamnya.

Itulah beberapa cara budidaya ikan bandeng supaya bisa cepat besar melalui pupuk. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat mencoba. Dapatkan hasil berkualitas dalam waktu yang singkat.

Incoming search terms: