Cara Pelihara Ayam Petelur



Sebagaimana diketahui banyak orang, telur ayam adalah salah satu sumber protein yang bisa digunakan sebagai sumber protein baik yang dapat dikonsumsi sehari-hari. itulah salah satu faktor yang  menyebabkan tingkat permintaan pasar akan telur ini cenderung tinggi. Belum lagi banyak perusahaan atau industry yang membutuhkan telur ayam sebagai salah satu bahan baku misalnya. Namun, banyak yang belum paham cara pelihara ayam petelur yang baik dan benar sehingga hasil tidak maksimal.

Tidak bisa dipungkiri bahwa telur ayam adalah salah satu bahan yang sangat praktis untuk disajikan. Sehingga, semakin mudah untuk diaplikasikan. Oleh karena itu, menjadi peternak telur ayam akan bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalam usaha. Berikut cara pelihara ayam petelur yang bisa membuat usaha Anda menjadi sukses dan menjanjikan.

Maksimalkan kandang ayam

Cara pelihara ayam petelur yang pertama adalah memastikan bahwa kandang yang akan digunakan nanti adalah kandang yang mudah untuk pengumpulan telur dan mudah dalam pembuangan kotoran. Tentu yang paling cocok untuk Anda akomodir adalah sejenis sistem kandang panggung.

Mempersiapkan dengan baik bibitnya

Cara pelihara ayam petelur selanjutnya adalah memilih bibit yang baik. Ada berbagai macam jenis bibit ayam petelur yang bisa Anda jadikan rujukan dan pertimbangan saat proses pemilihan bibit. Saat dihadapkan dengan hal tersebut, tentu Anda ingin jenis bibit yang mudah memproduksi telur sekalipun dalam tingkat yang lebih tinggi. oleh karena itu, upayakan untuk memilih jenis ayam yang mampu bertelur sebanyak 3000 an butir dalam satu tahunnya.

Utamakan makanan dan vaksin yang sehat

Pengaruh lain yang akan sangat mempengaruhi Anda saat beternak ayam adalah faktor makanan serta vaksin yang sehat. Sejauh apa Anda memperhatikan pola makan ayam serta kebutuhan vaksinnya, maka ayam tersebut akan mampu bertelur dan hidup dengan normal. Jika demikian, ia akan mampu menghasilkan telur sebagaimana keinginan Anda.

Jaga kebersihan kandang

Cara pelihara ayam petelur agar sukses yang terakhir adalah perhatikan kebersihan kandang. Semakin bersih dan ideal kamar Anda, maka akan semakin membuat ayam Anda mampu hidup dengan baik bahkan maksimal. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kandang adalah keharusan.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara pelihara ayam petelur yang bisa Anda jadikan rujukan saat hendak beternak ayam. Semoga bermanfaat.