Ternak Kambing Etawa Modern



Diantara jenis kambing yang cukup menjadi idola peternak adalah kambng etawa. Hal tersebut disebabkan karena kambing etawa memiliki susu yang bisa dibudidayakan dengan baik dan menghasilkan prospek yang menjanjikan dibandingkan dengan jenis kambing yang lain. Saat ini, pasar kambing tidak pernah sepi baik di skala lokal ataupun skala internasional, terlebih untuk ternak kambing etawa modern.

Sehingga, orang yang ternak kambing tidak akan pernah rugi kecuali kambingnya mati. Ternak kambing etawa tentu berbeda dengan ternak kambing biasa sehingga dibutuhkan panduan yang bisa mengarahkan cara terbaik ternak kambing etawa. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai ternak kambing etawa modern…

Budidaya kambing etawa super

Pada dasarnya, ternak kambing etawa modern hanya terdiri dari tiga hal, pertama adalah pengadaaan, pakan, serta pelaksanaan. Jika tiga hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka semua akan berjalan maksimal. Akan tetapi, hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan tentunya. Namun, tetap harus diupayakan.

Pemilihan induk kambing etawa

Selanjutnya, untuk indukan ternak kambing etawa modern Anda harus memilih indukan atau bibit dari peternak yang memang sudah terpercaya sejak awal. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya penipuan ataupun kualitas yang kurang baik. Untuk jenis kambing yang akan Anda jadikan pejantan adalah jenis kambing jenis kambing etawa yang mempunyai punggumg lurus dan tidak bengkok. Sedangkan untuk induk yang baik adalah jinak, berkaki lurus, serta berputing dua serta bertubuh simetri lurus.

Adakan pekan sehat kambing etawa

Selanjutnya, untuk ternak kambing etawa modern, Anda perlu untuk mengadakan pekan sehat. Rutinitas pekan harian kambing etawa harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan gizi pada usianya. Upayakan dengan maksimal pakan yang Anda berikan mengandung protein, karbohidrat, dan protein. Pekan kambing etawa di daerah pedesaan umumnya menggunakan hijau-hijuan disertai dengan jenis kacang-kacangan.

Perhatikan aturan ternak kambing etawa

Ternak kambing etawa modern yang Anda urus harus mendapatkan sinar matahari yang cukup serta terjaga kebersihannya. Dalam satu tahun, kambing etawa bisa beranak hingga 3 kali. Oleh karena itu, tingkat produksi dan budidaya harus benar-benar diupayakan.

Itulah beberapa ulasan yang bisa Anda jadikan rujukan saat akan ternak kambing etawa modern. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Incoming search terms: